Mudah dan Bermanfaat, Inilah Tips Pemulihan Keuangan Setelah Lebaran!

Tips pemulihan keuangan sehabis lebaran

Mudah dan Bermanfaat, Inilah Tips Pemulihan Keuangan Setelah Lebaran! – Libur lebaran telah usai, walau kemarin kita menjalani puasa Ramadhan dan merayakan Hari Raya Idul Fitri yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana saat ini kita tengah dilanda wabah covid-19, yang mengakibatkan kita tidak bisa kemana-mana.

Selain dilarang mudik, untuk bisa berkumpul bersama teman atau saudara juga di batasi, untuk memutus rantai penyebaran covid-19. Untunglah kecanggihan teknologi bisa mengobati rasa rindu pulang ke kampung halaman dan bisa melepas rindu dengan keluarga melalui video call.

Pada masa ini semua orang tekena dampak covid-19, bagi Anda yang penghasilannya berkurang, bahkan ada yang sampai kehilangan penghasilan, berikut tips pemulihan keuangan setelah lebaran:

Evaluasi Pengeluaran

Lebaran ini Anda dilarang untuk mudik, tapi walaupun pos pengeluaran yang biasanya di keluarkan untuk mudik tidak ada di tahun ini, bukan berarti Anda tidak mempunyai pengeluaran semasa puasa dan lebaran.

Catatlah semua pengeluaran seperti, belanja via online, delivery makanan, transfer uang buat keluarga, dan biaya yang lainnya.

Lunasi Utang

Prioritas utama yang bisa Anda lakukan adalah melunasi utang yang anda miliki. Hal ini bertujuan untuk menghindari denda atau penalti di masa mendatang. Terutama untuk pengguna kartu kredit, bayar segera tagihannya dan coba untuk mengurangi penggunaan kartu kredit.

Batasi Pengeluaran

Dalam situasi ketidakpastian seperti sekarang ini, dimana ekonomi yang belum stabil, salah satu cara tips pemulihan keuangan Setelah lebaran adalah membatasi pengeluaran harian.

Apabila sebelumnya Anda sering delivery makanan, sebaiknya sekarang bisa menguranginya dengan cara memasak sendiri. Membawa bekal makan saat kerja, selain hemat juga lebih bisa terjaga kebersihannya.

Atau bisa juga mengurangi pos pengeluaran yang biasanya digunakan untuk liburan, jalan bersama teman ke mall, makan di restoran. Anda bisa menggantinya dengan menemukan hobi baru seperti membaca belajar menulis atau yang lainnya.

Merencanakan Tabungan atau Investasi

Anda bisa memulainya dengan mencatatkan penghasilan yang di dapatkan, kemudian Anda bisa menghitung berapa uang yang akan disisihkan untuk tabungan atau investasi.

Membeli emas merupakan salah satu yang bisa Anda pertimbangkan, belilah logam mulia atau emas antam yang nilai jualnya dari waktu ke waktu semakin meningkat. Hindari membeli emas untuk Anda pakai sehari-hari.

Dana Darurat

Berkaca dari pengalaman saat ini, betapa pentingnya untuk mempunyai dana darurat yang bisa kita ambil sewaktu-waktu. Saat ada kebutuhan mendesak dana ini bisa Anda gunakan.

Sedikit demi sedikit mulailah sisihkan sebagian penghasilan yang Anda dapatkan, dan sebaiknya pisahkan dana darurat ini dengan kepentingan harian Anda. Hal ini untuk menghindari terpakainya dana darurat untuk keperluan sehari-hari.

Buat Prioritas

Buatlah prioritas yang Anda benar-benar butuhkan, bukan yang Anda inginkan, dengan cara mengalihkan pos pengeluaran yang sebelumnya untuk hiburan ke pos tabungan dan dana darurat.

Pandemi yang melanda ini banyak membawa pengaruh terhadap pekerja, diantaranya seperti pemotongan gaji atau perampingan karyawan. Maka Anda harus benar-benar bisa membuat prioritas, karena kita tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir.

Penghasilan Tambahan

Tips Pemulihan Keuangan Setelah Lebaran lainnya adalah dengan mencari tambahan penghasilan sesuai dengan keahlian yang Anda miliki. Anda bisa memulainya dengan berjualan makanan, atau baju online atau menjadi penulis lepas. Dengan penghasilan tambahan ini, Anda bisa menyisihkan uang untuk di tabung.

Itulah Tips Pemulihan Keuangan Setelah Lebaran yang bisa Anda coba. Semoga langkah-langkah di atas dapat membantu memulihkan kondisi keuangan Anda.

Baca juga: Merasa Boros akan Pengeluaran Keuangan? Berikut adalah Tips Hemat Terpercaya

Tentang Penulis

Rowley