Tips Mudah untuk Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Keuangan Rumah Tangga

Tips Mudah untuk Mengelola Keuangan Rumah Tangga – Ketika Anda sudah berkeluarga, keuangan menjadi hal yang harus di perhatikan bersama. Sebab kebutuhan akan bertambah banyak, untuk anak, suami, istri, dan kebutuhan lain. Jika tidak di kelola dengan baik, seberapa besar uang yang Anda miliki, tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar berumah tangga.

Umumnya masyarakat Indonesia mendapatkan gaji secara bulanan, jadi Anda harus pintar mengatur gaji yang Anda miliki agar bisa mencukupi kebutuhan satu bulan ke depan, atau setidaknya sampai gaji berikutnya bisa diambil. Bagi yang belum mengetahui, berikut merupakn tips mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengelola keuangan rumah tangga Anda.

Ketahui Detail Pemasukan dan Pengeluaran

Sebaiknya Anda mengatur ulang berapa besaran gaji yang Anda terima setiap bulan, kemudian bagi terlebih dahulu untuk membayar berbagai tagihan bulanan, seperti listrik, air, telepon, ataupun kredit. Ketika masih tersisa, Anda bisa memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan sekunder yang lain, misalnya membeli pakaian baru atau menabungnya untuk kebutuhan darurat.

Usahakan untuk tidak menghabiskan uang yang Anda miliki tanpa membuat skala prioritas. Selain itu, jangan pernah mengeluarkan uang untuk hal yang tidak perlu, khususnya ketika gaji yang Anda miliki tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan. Pastikan keuangan Anda tidak melebih batas pengeluaran yang telah di tetapkan, karena jika dilakukan secara terus menerus, Anda tidak bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga ke depannya.

Alokasikan Uang untuk Tabungan atau Investasi

Tidak ada salahnya melakukan investasi ketika mengelola keuangan rumah tangga, sebab jika berhasil keuntungan yang akan Anda dapatkan bisa membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jangan lupa untuk menabung karena Anda tidak akan tahu kapan keadaan darurat bisa terjadi. Menabung juga bisa membantu Anda untuk mengerem pembelian barang yang tidak diperlukan.

Anda bisa menyisihkan 20 sampai 30 persen gaji Anda untuk ditabung atau di alokasikan ke investasi. Investasi yang Anda lakukan tidak harus menggunakan modal yang besar, Anda bisa menggunakan investasi yang menyediakan modal kecil dengan resiko yang lebih rendah. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkanya sebagai usaha sampingan yang menghasilkan.

Jangan Menuda Ketika Membayar Tagihan

Setiap keluarga memiliki tagihan yang harus dipenuhi, baik itu tagihan domestik seperti listrik, telepon, ataupun tagihan pendidikan dan kesehatan anak. Jangan menunggu uang Anda habis atau jatuh tempo ketika hendak membayar tagihan. Setelah mendapatkan gaji, segera sisishkan uang dan bayar tagihan-tagihan tersebut.

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan denda atau suku bunga yang menyertai keterlambatan akan tagihan tersebut. Jika tagihan bisa dibayarkan terlebih dahulu, mengelola keuangan rumah tangga bisa menjadi lebih mudah. Sisa dari uang gaji tersebut bisa Anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan yang lain.

Selain ketiga tips diatas, Anda juga harus mengurangi membeli barang yang tidak di butuhkan. Masalah yang sering dialami oleh keluarga yang baru berumah tangga adalah keinginan untuk membeli barang yang ingin di miliki, bukan di butuhkan. Apalagi ketika masih terbawa kebiasaan dulu waktu masih single, dimana Anda tidak perlu memikirkan kebutuhan orang lain.

Dengan mengikuti tips untuk mengelola keuangan rumah tangga, minimalnya Anda bisa mencukupi kebutuhan hidup rumah tangga selama satu bulan ke depan, sampai gaji bulan depan cair. Akan tetapi, akan lebih baik apabila Anda bisa mengusahakan untuk menabung dan membeli barang seperlunya, sehingga kebutuhan keluarga bisa cukup terpenuhi.

Tentang Penulis

Rowley