Tips Mudah Mengatur Keuangan Keluarga

Tips Mengatur Keuangan Keluarga

Tips Mudah Mengatur Keuangan Keluarga.  Kita tentunya sudah tahu bahwa setiap orang tentunya tidak akan terlepas dari kebutuhannya sehari – hari, yang dimana hal tersebut membutuhkan dana yang bisa dibilang cukup besar. Terutama jika kita sudah memiliki istri dan juga anak. Pasti dengan adanya mereka maka kebutuhan hidup pun menjadi lebih banyak dibandingkan sebelum menikah. Nah uang yang diperlukan terkadang bisa membuat pusing kepala kita.

Nah supaya segala kebutuhan hidup Anda dan keluarga Anda terpenuhi maka perlu adanya mengatur keuangan keluarga. Disisi lain perlu kamu tahu juga bahwa untuk mengatur keuangan untuk keluarga atau rumah tangga tidaklah mudah, tapi hal tersebut juga membutukan kemampuan yang khusus agar penghasilan yang didapatkan bisa memenuhi kebutuhan 1 bulan.

Jika tidak menggunakan cara tersebut tentunya gaji bulanan pun hanya akan lewat saja, maka tidak heran bagi kalian yang baru saja menikah masih terbawa gaya hidup ketika masih single. Sebagai contoh, Ayah ingin membeli kendaraan , selain istri ingin membeli perabotan yang baru untuk rumahnya. Disisi lain juga masih banyak urusan lain seperti biaya sekolah anak dan lain sebagainya. Hingga pada akhirnya pengeluaran pun tidak terkontrol dan hutang pun ada dimana – mana.

Mengkalkulasi Pendapatan

Hal pertama yang mesti kamu lakukan untuk mengatur keuangan keluarga adalah dengan mengkalkulasikan pendapatan. Kamu dapat menjumlahkan seluruh pendapatan yang telah kamu dapatkan baik itu dari gajih lembur, bulanan ataupun penghasilan tambahan dan lain sebagainya. Nah hal tersebut tentunya memiliki tujuan. Adalah supaya bisa mengetahui berapa besar uang yang dapat dialokasikan untuk setiap kebutuhan. Baik itu kebutuhan sekunder, tersier dan primer. Hal tersebut tentunya sangat penting sekali.

Menyusun Rencana Pengeluaran Prioritas Dalam 1 Bulan.

Setelah kamu sudah melakukan kalkulasi diatas tadi. Setelah itu kamu bisa menuliskan rencana pengeluaran dalam rumah tangga dari hal yang terpenting atau juga hal yang paling dan perlu diprioritaskan. Misalkan seperti pengeluaran makanan serta minuman, selain itu juga membayar listrik, air, rumah sewa, cicilan, transportasi dan lain sebagainya. Hal tersebut mesti kamu rencanakan.

Menyiapkan Uang Cadangan

Untuk di poin ini tentunya tidak kalah pentingnya. Maka kamu mesti mengalokasikan anggran untuk dana cadangan ataupun dana darurat. Selain itu dana tersebut kamu bisa menggunakannya ketika ada keperluan yang mendadak. Selain itu perlu kamu ketahui dana cadangan tersebut tentunya memiliki sifat yang bebas, dalam artian kamu bisa menyisihkan uang terserah kamu berapa pun. Namun dalam poin ini kamu mesti komitmen dan tidak mengusik uang tersebut,

Jangan sampai uang yang kamu kumpulkan terus kamu ambil untuk keperluan yang memang tidak mendesak, jika hal tersebut terus dilakukan maka pengumpulan uang cadangan pun tidak akan berarti. Maka dari itu sangat penting sekali komitmen dan konsisten untuk selalu menabung.

Harus Bisa Membedakan Kebutuhan Dan Keinginan

Poin ini masih bersangkutan dengan poin sebelumnya. Nah apabila kamu sudah mengalokasikan uang untuk bberapa pos anggaran penting diatas tadi, jika masih ada sisa uang, nah dana tersebut bisa kamu simpan untuk kebutuhan pendukung atau sekunder serta tersier. Misalnya seperti jalan – jalan, membeli ponsel, sepatu dan lain sebagainya.

Namun walaupun demikian kamu juga mesti melihat apa yang menjadi kebutuhan. Nah apabila kamu sedang membutuhkan seperti baju baru karena baju lama sudah mulai kusam dan kurang enak di lihat maka baru kamu bisa belaja. Jangan sampai liat dikit langsung beli.

Nah itulah informasi yang bisa disampaikan soal mengatur keuangan keluarga. Semoga dengan adanya hal ini Anda semakin sadar akan pentingnya mengatur keungan di rumah tangga.

Baca Juga: Tips Jitu Untuk Mengatur Keuangan

Tentang Penulis

Rowley