Tips Cerdas Mengelola Keuangan Mahasiswa Agar Lebih Teratur

tips mengelola keuangan mahasiswa

Tips Cerdas Mengelola Keuangan Mahasiswa Agar Lebih Teratur – Sebagai seorang mahasiswa, mengatur finansial dengan tepat merupakan satu hal yang penting agar keuanganmu lebih teratur dan terencana. Meskipun hal ini terlihat sepele, nyatanya masih banyak mahasiswa diluar sana yang tidak bisa mengelola bijaksana mengelola keuangannya.

Lalu bagaimana sebaiknya seorang mahasiswa mengelola keuangan yang lebih baik? Berikut akan dijelaskan beberapa tips cerdas agar keunganmu terencana dnegan baik.

Buat Rencana Anggaran Kebutuhan Bulanan

Cara pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan membuat anggaran kebutuhan bulananmu. Contohnya: uang sewa untuk apartemen/indekos atau lainnya, transportasi, kebutuhan pokok, pulsa/internet, dan keperluan untuk kuliah. Mengelola keuangan, bukan berarti kamu tidak bisa berkumpul bersama teman-temanmu dan bersenang-senang. Hanya saja, kamu perlu menyisihkan dengan bijak keuanganmu dan belajarlah berhemat.

Buat Catatan Keuangan

Jangan lupakan hal ini! Kamu perlu mencatat pengeluaran dan pemasukanmu setiap harinya. Kemungkinan ini terlihat ribet dan sangat merepotkan,. Tetapi sebenarnya hal ini snagat diperlukan untuk mengetahui kapan, jumlah dan untuk apa uang tersebut digunakan. Apabila kamu malas mencatatnya di buku, kamu bisa memanfaatkan fitur catatan yang ada pada smartphone milikmu. Bagaiman, mudah bukan?

Manfaatkan Kartu Mahasiswa

Sebagai mahasiswa, tentunya kamu memiliki kartu identitas yang biasa disebut KTM (Kartu Tanda Mahasiswa). Tahukah? Kartu ini bisa digunakan untuk mendapatkan potongan harga. Contohnya biasaya transportasi, membeli buku dan makan. Dengan ini kamu bisa menghemat pengeluaran dan mengelola keuangan dengan lebih baik. Cobalah untuk mencari informasi lainnya mengenai kegunaan KTM ini agar pengeluaranmu lebih hemat dan sedikit terbantu dengan KTM.

Evaluasi Keuangan

Setelah membuat catatan keuangan, lakukan evaluasi terhadap catatan tersebut dengan rutin setiap bulannya. Hal ini akan membantumu mengetahui pengeluaran terbesar dan terkecilmu. Karena tentunya kebutuhannmu setiap bulan berbeda-beda. Maka, evaluasilah, kapan kamu harus berhemat dan memangkas keperluan sekunder dan mengutakan keperluan primer.

Belajar Menabung

Jangan lupa untuk menyisihkan uangmu untuk tabungan! Karena menabung merupakan salah satu alternatif untuk mengelola keuangan untuk kehidupan mendatangmu atau ketika terjadi musibah secara tiba-tiba. Misalnya; sakit, kehilangan barang eletronik yang penting, dan kebutuhan mendadak lainnya.

Mencari Tambahan Penghasilan

Untuk memanfaatkan waktu luang, kamu bisa mencari pekerjaan paruh waktu untuk menambah penghasilan. Misalnya dengan menjadi kasir, baristas, admin online, creator, dan penulis sesuai dengan bakat yang kamu miliki. Atau kamu juga bisa membuka bisnis online denganmenjadi dropshipper, reseller dan membut produk sendiri. Selain itu kamu juga bisa membuka les privat atau menjadi pengajar di lembaga pendidikan lain asal tidak mengganggu jam kuliah.

Mulailah Untuk Investasi

Saat ini investasi sudah menjadi tren di kalangan mahasiswa. Dengan berinvestasi, kamu bisa memiliki cadangan keuangan untuk yang bisa digunakan untuk jangka panjang. Selain itu, kamu juga bisa membantu pelaku usaha lainnya untuk mengembangkan modal. Cobalah untuk mencari informasi dan mulai belajar investasi.

Nah, itu dia cara cerdas yang akan membantumu untuk mengelola keuangan di masa kuliah sampai di masa mendatang setelah kuliah. Kamu bisa mencoba melakukannya perlahan-lahan dengan teratur. Cara diatas juga melatihmu untuk menjadi lebih mandiri loh! jadi, kamu tidak perlu merepotkan kedua orang tuamu dan menanti kiriman uang setiap bulannya.

Bahkan jika kamu berhasil melakukan cara-cara diatas, kamu juga bisa membantu kedua orang tuamu dirumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca Juga: Pusing Terapkan Cara Menghitung Depresiasi Asset? Lakukan hal ini!

Tentang Penulis

Rowley